Selamat dari Degradasi meski Cuma Menang 3 Kali, Kok Bisa?

Selamat dari Degradasi meski Cuma Menang 3 Kali, Kok Bisa?

Klasemen lazimnya tidak pernah berdusta. Penghuni peringkat pertama saat kompetisi sepak bola selesai lazimnya memang sepatutnya menjadi kampiun.

Begitu juga di sisi lain tabel. Mereka yang berkutat di papan bawah cocok turun kasta alias terdegradasi. Namun, seperti acap kali terkuak di Bola Ganjil, ada saja anomali-anomali dari lapangan hijau.

Kisah Fiorentina pada musim 1970/1971 yaitu salah satunya. La Viola gagal situs judi bola bersaing melawan tim-tim terbaik Serie A. Mereka hanya meraih tiga kemenangan pada jenjang tertinggi yang dicontoh 16 klub.

Toh catatan tersebut cukup bagi mereka untuk kembali bersaing musim depan. Meskipun tiga tim di bawah mempunyai hasil positif lebih banyak, yaitu Foggia (6), Lazio (5), dan Catania (5), Fiorentina dapat bertahan di divisi teratas Italia berkat torehan 19 hasil imbang.

Udinese pada musim 1979/1980 mengulang trik Fiorentina. Mereka juga bertahan di Liga Italia walau hanya mempunyai tiga kemenangan sepanjang musim. Meskipun, Udinese terbantu skandal penguasaan nilai Totonero. Lazio dan AC Milan dihukum turun ke Serie B pengaruh keterlibatan kasus tersebut untuk mengantar Pescara yang mempunyai rapor terburuk.

FIorentina Terbantu Kecilnya Harga Kemenangan

Capaian FIorentina tidak lepas dari metode penilaian sepak bola pada saat itu. Kemenangan masih dihargai dua nilai dengan imbang berbuah satu angka.

Selisih tipis tersebut membuat hasil imbang tidak terlalu buruk. Akibatnya, kecakapan bermain sama kuat dalam 19 pertandingan pada 1970/1971 ikut membantu Fiorentina bertahan di Serie A.

Di Inggris, Rekor Selamat dari Degradasi yaitu 6 Kemenangan

Tidak ada klub dengan kemenangan lebih sedikit dapat menghindari degradasi. Di Inggris, jumlah terendah bagi tim yang selamat yaitu enam.

Ada empat tim yang menjalankannya, yaitu Sheffield United (1920/1921), Southampton dan Crystal Palace (1969/1970), dan West Bromwich Albion (2004/2005).

Capaian West Brom sepatutnya mendapat perhatian lebih sebab mereka bertahan di Premier League saat kemenangan sudah mendapat tiga nilai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *