Jadi Titik Terbang Haji, Keperluan Avtur di Bandar Kertajati Bakal Meroket 234%

Pertamina Patra Niaga menjamin ketersedian dan kelancaran stok Avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) di kawasan Regional Jawa Komponen Barat (JBB).

Terlebih untuk embarkasi dan debarkasi jamaah haji dari Bandar Bandar Internasional Soekarno-Hatta (Bandar Soetta) dan Bandar Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Bandar Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Komponen Barat Eko Kristiawan mengatakan, Aviation Fuel Terminal di kawasan Regional JBB mempunyai sarana dan fasilitas yang handal serta persediaan Avtur yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan maskapai haji 2024.

“Di tahun 2024 diperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan Avtur untuk slot qris penerbangan haji di kawasan Regional JBB apabila dibandingkan dengan tahun 2023 sebesar 43 persen. Hal ini disebabkan pada tahun ini ada penerbangan haji segera dari Bandar Kertajati dimana tahun lalu adalah daerah transit penerbangan haji Bandar Kualanamu,” ujar dia , Senin (13/5/2024).

Eko menuturkan, kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji 2024 diperkirakan naik sebesar 5.548 KL atau 26 persen, di Bandar Soekarno-Hatta dan sebesar 4.204 KL atau 234 persen di Bandar Kertajati apabila dibandingkan 2023.

“Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan Avtur penerbangan haji tahun 2024 supaya ibadah yang akan dilakukan jemaah Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,” kata Eko.

Sebelumnya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, stok untuk 13 AFT airport embarkasi dijamin aman. Sentra ini ketahanan stok nasional Avtur juga di atas 22 hari, dan akan terus dijaga di atas tahapan tersebut.

“Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi peristiwa seperti ini. Selain stok aman, kami akan memutuskan progres distribusinya dilakukan dengan baik untuk mensupport kelancaran penerbangan Haji,” ungkap Irto.

Pertamina Siapkan 100 Ribu KL Avtur untuk Penerbangan Haji 2024
Sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga siap memenuhi kebutuhan Avtur, bahan bakar penerbangan, untuk melayani kebutuhan penerbangan haji baik pada pemberangkatan (embarkasi) yang berlangsung pada 12 Mei-10 Juni 2024 maupun ketika kedatangan (debarkasi) 22 Juni – 22 Juli 2024.

Direktur Pemasaran & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya mengatakan di tahun ini diproyeksikan 241 ribu lebih Jemaah Haji Indonesia akan berangkat melalui 13 airport haji di segala Indonesia, jumlah ini meningkat dari 221 ribu Jemaah Haji di tahun 2023.

“Pertamina Patra Niaga sudah melaksanakan beberapa antisipasi, pertama dengan menyiapkan stok Avtur yang cukup di segala Aviation Fuel Terminal (AFT) embarkasi Haji. itu, untuk pengisian pesawat haji juga kami jadikan prioritas, serta layanan komunikasi dengan maskapai dan airport kami buka 24 jam untuk kelancaran perjalanan Haji,” kata Maya, Jumat (10/5/2024).

Maya mengucapkan, pada tahun 2024 ini Pertamina Patra Niaga memproyeksikan penyaluran Avtur untuk perjalanan Haji akan menempuh hampir 100 ribu Kilo Liter (KL), atau meningkat sekitar 5 persen dari penyaluran Avtur pada musim Haji 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *