Investasi Sentuh Rp 20,3 Triliun, Indonesia Menuju Peringkat 4 Besar Produsen Keramik Dunia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat selama periode 2022-2024 total realisasi investasi di sektor keramik menempuh Rp 20,3 triliun yang tersebar di sebagian lokasi yang berbeda.

“Penambahan investasi ini akan semakin memperkuat aliran rantai pasok keramik nasional, serta jalan visi Indonesia untuk menempuh peringkat 4 besar produsen keramik dunia,” kata Direktur Industri Semen, Keramik, dan pengolahan bahan galian nonlogam Direktorat demo mahjong ways 2 Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kemenperin, Putu Nadi Astuti, dalam sambutannya di acara pembukaan MEGABUILD dan Keramika Indonesia 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (9/5/2024).

Kendati begitu, kata Putu masih terdapat tantangan yang dihadapi industri keramik nasional, salah satu tantangannya yakni tingginya impor keramik yang mengganggu kinerja industri dalam negeri.

Menurutnya, industri keramik ini yakni industri yang prasyarat dengan inovasi, sehingga dituntut untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu, pemerintah terus memacu kinerja dari industri keramik dalam negeri dengan memberikan berjenis-jenis insentif seperti insentif kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT), mendukung peningkatan penerapan produk keramik dalam negeri dan juga penerapan patut SNI.

“Bahwa di dalam negeri telah ada undang-undang yakni Perpres Nomor 12 tahun 2021 yang mengamanatkan bahwa Kementerian institusi tempat diwajibkan untuk menggunakan produk dalam negeri, termasuk rancang bangun dan juga merekayasa nasional dengan prasyarat nilai TKDN dan BMP paling sedikit 40%,” ujarnya.

Putu menyebut, dengan adanya kebijakan TKDN ini, industri dalam negeri termasuk industri keramik dapat memanfaatkan proyek-proyek pemerintah dan juga untuk memaksimalkan perembesan hasil produksi dalam negeri.

“Kami juga mengharapkan agar produsen keramik nasional juga dapat memberikan perhatian yang besar pada upaya untuk peningkatan nilai TKDN pada setiap produk,” pungkasnya.

Pameran Keramik Terbesar di ASEAN
Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka pameran MEGABUILD dan Keramika Indonesia 2024, yang berlangsung pada 9-12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Direktur Industri Semen, Keramik, dan pengolahan bahan galian nonlogam Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kemenperin, Putu Nadi Astuti mengatakan, pameran Keramika Indonesia 2024 ini yakni pameran terbesar di Asean.

“Pameran ini mempunyai peran yang strategis untuk mempromosikan produk keramik unggulan yang telah berstandar SNI dan mampu bersaing di pasar global,” kata Putu dalam sambutannya di acara pembukaan MEGABUILD dan Keramika Indonesia 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (9/5/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *